Thursday, February 12, 2009

PTK Tidak Sulit

"Dimana ada kemauan disitu ada jalan:, pepatah lama yang tak lapuk diterpa hujan dan tak lekang dimakan panas ternyata berlaku jua pada pelaksanaan "Workshop Peningkatan Profesi Guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah berhasil dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UHAMKA baru-baru ini.

Pelaksanaan Workshop pada tanggal 7 dan 8 Februari 2009 tersebut tetap dipenuhi oleh para peserta guru guru SMA Sanggar 014 Jakarta Timur meskipun hujan lebat mengguyur kota Jakarta dengan sangat lebatnya.

Kita perlu acungkan jempol bagi para guru tersebut, ternyata para guru yang rata-rata berusia 45-50 tahun tersebut masih bersemangat untuk berlatih dengan harapan dapat mewujudkan sebuah karya PTK yang asli buatan mereka bukan di "jahitkan" oleh lembaga / biro jasa pembuat karya tulis bagi siapa yang berani "membayar" (ah kenapa masih juga ada ya?????).

Harapan peserta merupakan penyemangat para Instruktur dari LPMP DKI dan TIM dosen LPPM UHAMKA untuk dengan sungguh-sungguh melatih mereka meskipun dalam waktu dua hari tatap muka, namun peserta tetap akan dibimbing untuk melakukan PTK di sekolahnya masing-masing.

Lihatlah semangat para Instruktur dalam gambar di bawah ini.















Lihat juga keaktifan para pesertanya.















Semoga Para guru benar-benar dapat menulis PTK guna tercapainya Kualitas pembelajaran di sekolahnya masing-masing, Amin!

1 comment:

renniefb said...

sekedar melengkapi sebagai referensi, rambu-rambu penulisan PTK juga disebarkan dan ditulis oleh I Wayan Jaman Adi Putra, 2012, “Panduan Praktis Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untk Program Pendidikan dan Pelatihan Guru”, Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, hal. 1-31. Seabgai informasi, saya punya hardcopya. Bagi yang tertarik (sekedar berbagi) mungkin bisa menghubungi saya di http://www.jurnalphobia.org


terimakasih atas informasinya, bisa menjadi rujukan yang bagus dalam penyusunan proposal PTK dan penyusunan PTK

Salam hangat,
penulis di http://www.jurnalphobia.org