Thursday, February 12, 2009

PTK ? SIAPA TAKUT?

Melakukan "Penelitian Tindakan Kelas" ? sebenarnya tidaklah begitu sulit!, asalakan saja ada sedikit pengorbanan untuk menggunakan waktu-waktu luang membaca literatur berkenaan dengan masalah yang akan kita angkat ke dalam penelitian.

Ada segudang masalah yang bertebaran di ruang kelas tempat sehari-hari kita bertugas. Mulai dari anak yang malas dan sulit diatur, siswa yang lamban dalam memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru di kelas, masalah banyaknya siswa yang terlambat ke sekolah, masalah perilaku siswa yang suka membuang samapah seenaknya , dimana saja, dan masalah - masalah lain yang jika kita jeli membacanya dan berminat untuk mencermati dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, kemudian mencoba untuk "merenung " sejenak mencari kemungkinan-kemungkinan akar masalah yang mendasari gejala yang nampak tersebut, maka sebuah "PTK" siap diluncurkan untuk digarap.

Bingung? tak punya buku? Pinjam diperpustakaan! Terus pusing tak tahu harus mulai darimana untuk melakukannya? Cari pembimbing yang juga sejawat sendiri, Insya Allah mereka ada disekitar anda, menunggu anda tanya, anda mintai bantuan untuk berkolaborasi membahas langkah demi langkah, tahap demi tahap tatacara melakukan "PTK" yang saat ini masih sedikit guru yang tertarik untuk melakukannya (eh, sekarang sudah banyak juga lho guru yang berminat ber "PTK" ria, atau jangan-jangan karena desakan kewajiban 12 kredit point syarat kenaikan pangkat IVb ya????)

Nah tunggu apa lagi? ayyo segera eksen! maju terus lakukan penelitian, dunia pendidikan menunggu anda mencarikan solusi dan karya buat kemajuan kualitas pembelajaran! dan ingat bukan sekedar PTK jadi-jadian ya?

Semoga!

No comments: